Tomat Ananas Noire

Tomat ini pertama kali saya tanam kalau tidak salah pada tahun 2013. Benihnya didapatkan dari sini. Pertama kali menanam, hasilnya tidak sebesar yang saya panen 2 bulan yang lalu. Untuk 1 buah tomat mencapai berat lebih dari 500 gram. Wow banget kan?

Untuk mendapatkan ukuran jumbo, sebenarnya tidak terlalu sulit, asalkan tercapai syarat-syaratnya yaitu :

  1. Ukuran polibag/pot usahakan yang besar, paling kurang ukuran 35. Makin besar polibag dan media tanam, makin berkembang akarnya dan kokoh batangnya.
  2. Nutrisi dan air yang cukup, karena tomat ini sangat rakus hara. Kalau matahari menyengat, bisa menghabiskan air 1 liter sehari, siram di pagi hari. Hindari menyiram saat sore hari atau menjelang malam karena akan mengundang jamur.
  3. Perawatan dari hama. Hama ulat suka sekali nempel di daun tomat. Kalau kamu menanam tidak banyak, ulat bisa di razia tiap hari. Namun ulat ini tidak hanya ngumpet di bagian daun atau batang ya, karena ada beberapa yang turun ke media tanam ketika matahari menjelang, karena ulat biasanya makan di malam hari. Kalau ga mau repot, semprot insektisida Lannate atau curacron, biasanya cepat beres.
  4. Pelihara 2-3 buah saja dalam satu batang untuk mencapai ukuran maksimal. Jangan maruk, karena jika dipelihara semuanya, buah tidak akan besar karena berebut unsur hara.
  5. Tomat jumbo membutuhkan ajir dan ikat tandan buahnya agar tidak patah karena terlalu berat

Cobain yuuuk!

Benih tersedia di sini yaa! Heheheh, iklan detected 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s